Selamat Datang Di Blog Adi Sumardi

twitter


Review Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa
Universitas Negeri Jakarta
1 Jilid 1
(Oleh: Adi Sumardi)

Alhamdulilah = PKM UNJ 1 Jilid 1 = (4/6/2017) telah diselenggarakan dengan lancar, dimana tepat pada pukul 09.00 WIB acara PKMUNJ 1 Jilid 1 resmi dibuka yang bertempat pada Gedung Sertifikasi Guru lantai 1.  PKMUNJ pada tahun ini bertemakan “Pemuda Masa Kini Pemimpin Masa Depan” dengan tema tersebut, banyak penafsiran yang bisa disampaikan contohnya saja dimana seorang pemuda yang sejatinya sebagai generasi penerus bangsa harus bisa mempersiapkan dirinya. Masa muda adalah masa yang penuh dengan harapan, penuh dengan cita – cita, penuh dengan romantika kehidupan yang sangat indah. Keindahan yang dihiasi dengan bentuk fisik yang kuat, berjalan masih cepat, pendengaran masih akurat, pikiran masih cermat, kulit wajah indah mengkilat. Oleh karena itu pantas bila pemuda menjadi salah satu penentu maju dan mundurnya suatu bangsa dan negara, sebab terbukti sejak dahulu kala hingga saat ini sampai masa yang akan datang, sesuai dengan fitrahnya pemuda menjadi tulang punggung sebuah negara, penerus estafet pembangunan masa depan bangsa. Allah SWT berfirman di dalam Al – Qur’an surah An– Nisa ayat 9 yang artinya: “Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.”
Pada PKMUNJ 1 Jilid 1 pada pukul 13.00 WIB dimulai lah materi sebagai pembekalan para peserta dimana materi yang disampaikan bertemakan tentang “Public Relationship” yang diisi oleh pembicara yang sangat luar biasa yaitu Bambang Irawan selaku Koordinator Pusat Badan Eksekutif Mahasiswa Se Indonesia (BEM SI) masa bakti 2015. Dengan segala pengetahuan dan pengalamannya, seorang pemuda yang sangat cinta akan pergerakan mahasiswa ini menyampaikan materinya tahap-pertahap. Tujuan materi yang disampaikan ini bermaksud dimana seorang mahasiswa harus memiliki sebuah relasi yang kuat dimana untuk menumbuhkan citra positif organisasi, mengembangkan sinergisitas organisasi dan membuat sebuah relasi antar mahasiswa bisa terjalin dengan erat kemudian proses didalam Public Relationship ini merupakan sebuah interaksi antara opini publik untuk menanamkan kepercayaan serta citra yang baik. Sungguh materi yang sangat berkesan bagi para peserta dengan dibuktikan dengan antusiasme para peserta memperhatikan dan berdiskusi dalam materi ini dan acarapun selesai dengan ditutup oleh sang moderator yang kebetulan dimoderatori oleh mahasiswa berprestasi UNJ yaitu Rakha Ramadhana.

#PKMUNJ2017
#PemudaMasaKini
#PemimpinMasaDepan



= PKMUNJ 1 Jilid 2 = (10/6/2017) tidak terasa satu pekan telah berlalu dimana PKMUNJ telah berjalan. Pada Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta sekarang bertempat di Gedung Hasyim Ashari lantai 3, dimana gedung ini baru saja diresmikan pada awal tahun 2017 untuk ditempati oleh mahasiswa Fakultas MIPA untuk aktivitas perkuliahan. Setelah acara dibuka oleh MC acara PKMUNJ yang dimana menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan Totalitas Perjuangan menandakan acara PKMUNJ 1 Jilid 2 resmi dibuka. Tepat pada pukul 09.00 WIB acara dari PKMUNJ 1 Jilid 2 ini menyajikan sebuah materi tentang Perubahan Sosial yang di isi oleh Muhammad Rusdi selaku (Deputy President KSPI) sungguh pemateri yang sangat luar biasa tidak kalah dari pemateri pertama pada pelaksanaan PKMUNJ 1 Jilid 1. Pada kesempatan kali ini Muhammad Rusdi mengatakan bahwa sebuah perubahan sosial terjadi dimana akibat dari ketidaksesuaian unsur-unsur yang ada pada masyarakat yang tidak saling singkron. Selain itu, tujuan dari adanya perubahan yaitu terciptanya tatanan sosial, ekonomi, budaya, dan politik yang lebih baik bagi masyarakat. Seperti yang telah kita ketahui bahwa pemuda bukan sekedar bagian dari lapisan sosial dalam masyarakat. Akan tetapi, pemuda merupakan agent of change (agen perubah) dan agent of social control (agen kontrol sosial). Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia, pemuda selalu menempati peran yang sangat strategis dari setiap peristiwa penting yang terjadi. Bahkan dapat dikatakan bahwa pemuda menjadi tulang punggung dari keutuhan perjuangan melawan penjajahan Belanda dan Jepang ketika itu. Sejarah telah membuktikan, bahwa diberbagai belahan dunia, perubahan sosial politik menempatkan pemuda di garda depan. Peranannya menyeluruh, tak hanya mata air, tapi juga hulu, hilir sampai muara, bahkan pemuda sebagai air atau sumber energi perubahan. Tak tanggung-tanggung pemimpin seperti Bung Karno yaitu Presiden RI Pertama mengungkapkan kata-kata pengobar semangat “Beri aku sepuluh pemuda, maka akan kuguncangkan dunia, jika ada sembilan pemuda lagi maka Indonesia pasti berubah”.
            Setelah materi tentang Perubahan sosial selesai, materi selanjutnya dilanjutkan setelah istirahat. Materi yang disampaikan pada kali ini adalah tentang “ Urgensi Contra Intellejen” yang disampaikan oleh Moses Caesar Assa, S.Pd., M.Sc., mungkin materi ini adalah materi yang baru saya dapatkan pada kesempatan kali ini karena materi ini tidak saya dapatkan didalam perkuliahan. Tidak seperti materi-materi sebelumnya, pada materi kali ini sang pembicara meminta para peserta untuk duduk secara berkelompok. Setelah kami semua duduk secara berkelompok, secara perlahan pemateri menyampaikan ilmu yang dia dapatkan. Pada materi ini jelas sangat berbeda dimana kita lebih aktif membahas isu-isu yang terdapat pada lingkungan sekitar maupun dunia. Setelah itu, pemateri meminta kepada setiap kelompok untuk mendiskusikan 5 isu yang terjadi pada waktu lampau maupun terjadi sekarang yang kemudian dipresentasikan didepan. Sungguh hal yang sangat menyenangkan dan bagi saya dimana materi ini baru saya dapatkan. Tidak terasa waktu cepat berlalu dimana waktu sudah menunjukan pukul 15.00 WIB dimana akhirnya rangkaian PKMUNJ 1 Jilid 2 ditutup dengan perasaan yang ceria oleh para peserta PKMUNJ 1 Jilid 2.

#PKMUNJ2017
#PemudaMasaKini

#PemimpinMasaDepan

1 komentar:

  1. This way my colleague Wesley Virgin's report starts with this SHOCKING AND CONTROVERSIAL video.

    You see, Wesley was in the military-and shortly after leaving-he found hidden, "self mind control" tactics that the government and others used to get anything they want.

    These are the EXACT same SECRETS tons of famous people (especially those who "became famous out of nothing") and the greatest business people used to become rich and famous.

    You've heard that you use only 10% of your brain.

    That's mostly because most of your brainpower is UNCONSCIOUS.

    Maybe this conversation has even taken place IN YOUR very own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head 7 years ago, while driving an unlicensed, garbage bucket of a car with a suspended license and with $3 in his pocket.

    "I'm so frustrated with going through life paycheck to paycheck! Why can't I turn myself successful?"

    You've been a part of those those thoughts, right?

    Your success story is going to happen. All you need is to believe in YOURSELF.

    CLICK HERE TO LEARN WESLEY'S METHOD

Posting Komentar