Selamat Datang Di Blog Adi Sumardi

U
ntuk mengawali cerita ini, pertama-tama saya mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak yang telah menyelenggarakan acara yang rutin di setiap tahunnya yaitu kepada Asrama Mahasiswa Islam Sunan Giri, dimana saya bisa mengunjungi tempat wisata Dieng serta Baturaden pertama kali yang berada di Jawa Tengah. Senyum manis dan canda tawapun terus mengiringi kami semua dalam perjalanan menuju tempat yang akan kami tuju.

Perjalanan kami dimulai pada Jum’at sore pada tanggal 29 Januari 2016. Kami semua berangkat dengan persiapan yang sangat matang dan cukup dalam membawa bekal diperjalanan. Sungguh perjaanan yang sangat melelahkan dimana kami berangkat sekitar jam 4 sore dan baru sampai di alun-alun Wonosobo sekitar jam 2 pagi. Disitu kami beristirahat sejenak dan menunggu mobil yang lebih kecil untuk menuju ke kawantsan Dieng. Kenapa kami mengganti mobil yang lebih kecil karena jalan menuju kawasan Dieng itu sangat kecil dan terjal sehingga kami menggunakan mobil yang lebih kecil untuk menuju ke kawasan Dieng.

Yang saya kutip sedikit dari penjelasan yang mengantar kami untuk mengelilingi dataran tinggi Dieng ini dimana nama Dieng sendiri dilatarbelakangi dari peristiwa pemindahan simbol surga dilakukan Sang Hyang Djagadnata (Bathara Guru) , sebagaimana tertuang dalam Serat Paramayoga karya R Ng Ranggawarsito tersebut. Dieng yang berasal dari bahasa Sanskerta yang terbagi menjadi dua kata yaitu Di artinya tempat yang tinggi atau gunung dan Hyang artinya leluhur atau dewa-dewa.
            Kurang lebih satu jam perjalanan ke kawasan Dieng, akhirnya kami semua sampai di kawasan Dieng dengan selamat semuanya. Dan disana, ternyata suhu udaranya sangat dingin dan membuat kami semua kedinginan apalagi ketika ingin mencuci muka air nya itu seperti air es. Dan benar saja di kawasan Dieng itu ketika memasuki bulan Juli sampai September air embun yang ada di perkebunan masyarakat itu menjadi kristal-kristal es.
Dan tidak hanya itu saja, dikawasan Dieng kami semua di ajak untuk mengelilingi kawasan tersebut satu persatu untuk mengenal peninggalan sejarah yang ada disana. Mulai dari candi, kawah-kawah yang menjadi sumber pembangkit listrik, goa-goa bersejarah yang pernah dijadikan tempat bersemedi oleh para pemimpin Indonesia serta telaga warna yang begitu mempesona.
Setelah puas mengelilingi tempat itu, kami pun beristirahat ditempat yang telah kami sewa untuk melanjutkan petualangan kami yaitu menuju bukit Sikunir untuk melihat Golden Sunrise. Sekitar jam 4 pagi, kami semua bangun pagi dengan suhu yang sangat dingin menuju bukit Sikunir. Lima belas menit perjalanan menuju bukit Sikunir, kami melanjutkan perjalanan kami menuju puncak bukit dengan suhu yang sangat dingin serta jalan menuju puncak bukitnya itu licin dan sangat terjal. Cukup dingin dan nafas terengah-engah kami semua sampai dipuncak bukit Sikunir. Tak lama menunggu, akhirnya hal yang ditunggu-tunnggupun tiba.
Goldenrise yang kami tunggu-tunggu pun tiba, sontak mata tertuju semuanya melihat keindahan ciptaan Tuhan ini. Dan tidak lupa kami semua mengabadikan moment tersebut dengan senyuman manis dan riang gembira.
Tidak terasa waktu cepat berlalu, setelah puas dengan panorama dibukit Dieng dan sekitarnya yang ditutup dengan goldenrise yang begitu indah kami pun melanjutkan perjalanan kembali yaitu ke Baturaden. Disana kami semua melepaskan rasa lelah dengan berendam di air panas dan lainnya. Sungguh perjalanan yang sangat berkesan buat saya dimana semua rasa lelah dalam perjalanan itu terbayarkan dengan apa yang telah didapatkan serta disuguhkan oleh hamparan keindahan Tuhan yang sangat begitu indah.
Mungkin cukup sekian cerita yang dapat saya sampaikan dan saya rasa cerita waktu perjalanan kemarin sangat begitu banyaka dan saya tidak dapat menceritakan semuanya dan mungkin lain waktu saya akan ceritakan. Sekian dan terimakasih kawan-kawan.